Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 15 Juni 2014

Setahun di Unires



Bertepatan malam ini akan diadakannya HT (gak tau gimana cara nulis kepanjangannya), saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang apa yang saya rasakan selama setahun di Unires (sekalian sebagai perpisahan).
Unires UMY adalah singkatan dari University Rasidence UMY. Ini adalah sebuah asrama yang di khususkan untuk mahasiswa baru yang masuk ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Saya adalah salah satu dari penghuni Unires tapi akan berkakhir pada tahun ini. Terdapat 3 unires yang dinamakan dengan gedung U untuk putra dan M serta Y untuk gedung putri.
Terdapat banyak hal yang menarik yang saya dapatkan di unires khususnya di lorong (diunires putra terdapat 8 lorong) saya, yaitu lorong Ibnu Taimiyah. Ketika saya pertama kalinya masuk Unires saya hanya mengenal Prima/Piat yang juga masuk Unires sisanya semua saya tidak kenal.
Di lorong Ibnu Taimiyah terdapat SR dan ASRnya yaitu Mas Rudianto sebut saja mas Anto dan Mas Mahfud (bukan Mahfud M.D yoo). Mas Anto orangnya cukup kalem dan tidak bisa marah kayaknya walaupun kadang-kadang sedikit "alay" sedangkan pasangannya (cieeee) mas Mahfud orangnya sedikit lebih tegas walaupun suka tidur. Hahahha
Setahun di unires mengajarkan saya akan banyak hal seperti pemahaman yang lebih mengenai Agama serta melihat berbagai tingkah laku dan kebiasaan orang” dari hampir seluruh Indonesia. Khususnya dilorong kami, terdapat orang Banten, Palembang, Kalimantan, Tasik, Jakarta, Temanggung, Kebumen, dan Bolaang Mongondow yang melebur menjadi satu.
Ceritanya di sini saya adalah ketua lorongnya IbnuTaimiyah selama setahun. Lorong kami mempunyai banyak orang yang menarik dan juga sangat bersahabat tentunya. Rasa solidaritas yang muncul semakin mempererat rasa persaudaraan kami sesama anak perantauan.
Bulan-bulan awal kami lewati dengan santai dan cukup tertib bahkan sampai mendapatkan predikat lorong terbaik (ciiieeee), tapi yah namanya manusia tidak ada yg tidak tergoda imannya. Setelah kurang lebih setengah tahun mulai ada yang "membandel" (kata mereka) di lorong kami. Mungkin karena sudah mulai bosan diatur-atur terus seperti anak kecil maka dari itu mereka mulai “membandel” dan melanggar sedikit demi sedikit aturan yang ada. Oh iya jumlah orang dalam lorong kami pertama adalah 16 orang (termasuk SR dan ASR) dan sekrang tinggal 10 orang.
Oke fix lanjut ! “kebandelan”pun berlanjut dan sedikit menjadi "kenakalan", seperti ngeHack wifi Unires selama kurang lebih 3 bulan (kalo gk salah), sampai ada yang katanya ketahuan merokok dalam kamar. Tapi yah begitulah hidup, kalo gak begitu yah gak hidup berarti kita. Hehehe
Tapi jangan berfikir negative tentang Unires dulu, tidak semua orang yang ada di sini “nakal” dan juga janagn berfikir positif dengan mengatakan semua orang yg tinggal di Unires “baik”. Semua itu tinggal tergantung diri masing-masing, mau jadi orang baik ataupun buruk tergantung dari niat diri masing-masing dan Unires memfasilitasi dan menuntun agar kita menjadi orang “baik”.

Jadi, bagi teman-teman yang merasa unires itu buruk yah itu menurut mereka sendri dan tidak bisa disalahkan karena itu menurut pemahaman mereka. Tapi bagi saya dan orang lain mungkin, masih menganggap bahwa unires itu baik bahkan sangat baik lingkungannya untuk kita yang baru pertama kalinya merantau ke tempat orang dan juga sangat baik untuk menimbah Ilmu agama di samping ilmu dunia yang kita sedang kejar. Unires ini akan selalu menjadi tempat yang dirindukan beserta kenangan yang ada di sini. walaupun kenangan sebagian orang mungkin buruk tentang Unires tapi begitulah selalu akan ada yang buruk dan selalu akan ada yang baik.

Oh iya sebagai tambahan atau NB : Jika ingin masuk Unires persiapkan niat dengan bener dan usahakan atas keinginan sendiri atau setidaknya ada keinginan untuk berubah menjadi lebih baik dan siap menaati aturan karena jika tidak maka akan memberatkan kedua belah pihak.
 

#About

Hai, terimakasih telah berkunjung. Saya adalah bongkahan kesederhanaan yang diberi nama Bagus Setiawan Hardono. Berasal dari desa Muntoi Timur, Bolaang Mongondow, Sulawasi Utara

#Blogroll


#Blogger news